Selasa, 18 September 2007

pena digital

Pena Digital Ajaib

TOKYO -- Bayangkan jika Anda bisa memetik file dari layar komputer Anda, lalu memberikannya kepada sejawat seperti menyodorkan selembar kertas atau secarik catatan Post-It.


Kini semua itu sudah jadi kenyataan. File tersebut kini bisa diambil dari layar komputer atau laptop hanya dengan menggunakan sebuah pena digital dan memindahkannya ke komputer lain.

Para peneliti di Laboratorium Sains Komputer Sony, Tokyo, berhasil menemukan metode tersebut.

Dewasa ini komputer (PC), laptop, telepon seluler, dan komputer genggam (PDA) sudah terdapat di mana-mana, dan kita secara digital mengakses informasi yang jumlahnya kian banyak dari waktu ke waktu.

Namun, tetap saja terasa sebagai sebuah kendala ketika dua orang berada di ruangan yang sama tatkala ingin mengkopi atau memindahkan file antara laptop mereka.

Pasalnya, cara-cara lazim pertukaran dokumen seperti menggunakan e-mail, disket, cakram atau jaringan lokal, pada kondisi tertentu seperti pada saat seminar atau rapat dalam sebuah ruangan, kadang dirasakan kurang praktis.

Dr. Jun Rekimoto dan timnya di Laboratorium Interaksi Sony telah lama bergulat dengan tantangan-tantangan ini dan baru saja mempresentasikan hasil risetnya di sebuah seminar internasional, CHI2004, di Wina, Austria.

Dia menyatakan, temuan ini merupakan lapangan baru dalam ranah teknologi antarmuka pengguna yang disebutnya sebagai manipulasi langsung multikomputer.

Berdasarkan konsep ini, pihaknya telah membangun sejumlah aplikasi eksperimen menggunakan PC, palm hingga layar seukuran dinding. "Kami menyadari betul betapa artefak fisik sangat penting dalam mendesain antarmuka pengguna untuk lingkungan komputasi di masa depan," ujarnya.

Laboratorium Rekimoto berhasil mengembangkan teknik "tarik-dan-pindahkan" (drag and drop) yang sudah ada pada sebagian besar peranti lunak PC menjadi teknik "ambil dan pindahkan" (pick and drop).

Tidak ada komentar: